like facebook

Rabu, 08 Februari 2012

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

Share on :

A.   Latar Belakang
            Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik  dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
           
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan  reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan  memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa  sebagai alat komunikasi  baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
            Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab. 
B.   Tujuan
      Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1.    Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.    Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3.    Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik  diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C.   Ruang Lingkup
            Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolahku, kehidupan keluargaku,  rumahku, hobi, profesi, kegiatan keagamaan dan lingkungan.
D.   Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1.    Menyimak
Mampu memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan      dan   lingkungan sekitar kita.
2.    Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.
3.    Membaca
Mampu memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran  tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.
4.    Menulis
 Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi melalui kegiatan menulis pikiran  tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

E.   SK DAN KD BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYYAH
KELAS 7 SMT 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MENYIMAK/ISTIMA'
1.      (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)

1.1.     Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang التعارف dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat
1.2.     Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan  sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
1.3.     Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
BERBICARA/KALAM
2.      (mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف)
2.1.     Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan  أدوات الجر) )
2.2.     Menyam-paikan in-formasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai kon-teks yang mencerminkan keca-kapan ber-bahasa yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
MENULIS/KITABAH
3.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)
3.1    Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat
3.2    Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
BERBICARA/KALAM

4.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى)
4.1    Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت)  termasuk warna.
4.2    Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat  (النعت)  termasuk warna
MEMBACA/QIRA'AH
5.      (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى
5.1    Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna
5.2    Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna
5.3    Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar 
MENULIS/KITABAH
6.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)
6.1.     Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat
6.2.     Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna


KELAS 7 SMT 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
MENYIMAK/ISTIMA')
7.      Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang    بيتى
7.1.   Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang بيتى  dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat
7.2.   Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana tentang بيتى dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
7.3.   Memberi-kan tang-gapan/res-pons pada ide/gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang بيتى   dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت
BERBICARA/KALAM  
8.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  dan  informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang بيتى)
8.1.   Menyampaikan infor-masi secara lisan tentang بيتى  dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur  مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
8.2.   Melakukan dialog sederhana dengan lancar tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
8.3.   Bercerita tentang  “بيتى dengan menggunakan kalimat sederhana dengan  tepat dan benar  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
KITABAH/MENULIS
9.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang    بيتى)
9.1  Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang بيتى”  dengan tanda baca yang tepat
9.2  Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
9.3   Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
BERBICARA/KALAM   
10.    (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  أسرتي)
10.1       Menyampaikan in-formasi se-cara lisan dengan la-fal  yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang  أسرتي mengguna-kan kalimat berstruktur  meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
10.2       Bercerita tentang أسرتي dengan mengguna-kan media gambar /alat peraga  dan menerapkan  struktur kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
10.3       Melakukan tanya jawab tentang  أسرتي dengan menerapkan   kalimat berstruktur  meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
MEMBACA/QIRA'AH   
11.    (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)
11.1       Membaca nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
11.2       Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
11.3       Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
KITABAH/MENULIS    
12.    (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)
12.1       Menulis paragraph sederhana tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
12.2       Menulis cerita sederhana tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
MEMBACA/QIRA'AH   
13.    (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)
13.1       Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100
13.2       Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100
13.3       Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat
MEMBACA/QIRA'AH   
14.    (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)
14.1       Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100
14.2       Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100
14.3       Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat

F.    Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)"

Posting Komentar