RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAN
NAMA MADRASAH :
MTsN Kuala Tungkal
MATA PELAJARAN :
Bahasa Arab
KELAS/SEMESTER : VII/I
MATERI POKOK : Mendengar (الأستماع) tentang:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
ALOKASI WAKTU : 2 x @ 40 menit x 4 Pertemuan ( 4 bab)
JUMLAH PERTEMUAN :
A.. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab peduli ( toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berintraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkai fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyajikan dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri
sebagai anugrah Allah dalam berkomunikasi
dengan
lingkungan social sekitar rumah dan madrasah
2.1. Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri
dalam komunikasi dengan lingkungan social sekitar
rumah
dan sekolah
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata ,frase, dan kalimat
bahasa arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ,
المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
4.1. Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana
tentang topic
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ,
المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
C TUJUAN DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
Setelah mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan tentang topic:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
Siswa dapat menirukan,
memperagakan dan menunjukkan gambar yang benar
|
1.
Melafalkan bunyi kata frasa dan tulisan yang
diperdengankan tentang topic:
التعريف بالنفس وبالعاملين
في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
2.
Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat Bahasa Arab yang diperdengankan dengan topic
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
3.
Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan tentang topic
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
4.
Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tenteng topic:
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
|
D. MATERI POKOK / ESENSIAL
مهارة الاستماع
(keterampilan mendengar) topic: التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات
االمدرسية , الأالوان
Materi terlampir
E. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Scientific Method ( metode alamiah)
2.
Tanya jawab
3.
Sam’iyah syafawiyah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN (80 menit)
Kegiatan pembelajaran ( 80 menit)
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
guru dan siswa
|
Pendahuluan
(10 menit) |
Kegiatan guru
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam
belajar
5.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
meteri yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru mengantarkan siswa pada suatu permasalahan
yang dihadapi kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai.
7.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes
dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa dengan khidmat dan
santun
1.
Menjawab salam
2.
Membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3.
Mendengarkan guru mengabsen
4.
Merespon pertanyaan guru tentang materi yang sudah
dipelajari dengan serius
5.
Menyimak tujuan dan penjelasan materi yang
disampaikan guru
|
Kegiatan inti
(40 menit) |
Mengamati dengan teliti
1.
Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
2.
Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
3.
Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar
yang disajikan
Menanya dengan santun
4.
Siswa melakukan Tanya jawab dengan menggunakan
kata, frasa dankalimat bahasa Arab tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان baik secara individu maupun kelompok
5.
Siswa menanyakanmateri tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان yang belum difahami
Mencoba dengan penuh semangat
6.
Siswa melafalkan materi tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة , المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان
7.
Siswa menunjukkan gambar atau memperagakannya
sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengankannya
8.
Siswa melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai
gambar yang disajikan
Menalar dengan terampil
9.
Siswa menjawab dengan pertanyaan tentang gambar
dengan bahasa Arab yang tepat.
10. Siswa
menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
11. Siswa
memperagakan sesuai dengan kata,frasa dan kalimat yang diperdengarka
Mengkomunikasikan dengan
percaya diri dan tanggung jawab
12. Siswa
melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
13. Siswa
Melafalkan kalimat bahasa Arab tentang gambar beserta artinya.
14. Siswa
memperagakan dengan kata, frasa dankalimat yang diperdengarkan.
|
Penutup
(10 menit)
|
1.
Guru meminta siswa mengulangi kata, frasa dan
kalimat tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ,
المرافق والأدوات االمدرسية , الأالوان yang
telah diajarkan
2. Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan meteri pelajaran yang sudah disampaikan.
3. Guru
meminta siswa agar membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topic
materi dalam bahasa Arab
4. Guru
menugaskan siswa untukmengerjakan latihan tentang istima’ yang terdapat dalam
buku
5. Guru
mengimformasikan pelajaran selanjutnya
6. Menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah do’a dan memberi salam
|
Tugas terstruktur (20 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan siswa
|
1.
Mengarahkan siswa untuk fokus pada materi
2.
Memberikan instruksi kepada siswa untuk siap
melakukan tugas terstruktur
3.
Mengarahkan siswa untuk melafalkan bunyi kata,
frasa dan kalimatyang diperdengaarkan
4.
Mengarahkan siswa untuk menyilang pilihan yang
tepat dari pilihan yang tersedia berupa kata, frasa dan kalimat sesuai yang
diperdengarkan
5.
Mengarahkan siswa untuk memperagakan sesuai dengan
bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
6.
Mengarahkan siswa untuk menunjukkan gambar sesuai
dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
|
1.
Memperhatikan arahan guru
2.
Menyiapkan perlengkapan sesuai instruksi
3.
Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang
diperdengarkan
4.
Memilih jawaban yang tepat dari pilihanyang
tersedia sesuai kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan oleh guru
baiklangsung atau tidak langsung (rekaman)
5.
Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi (kata,
frasa atau kalimat) yang diperdengarkan
6.
Siswa memilih/menunjukkan gambar sesuai bunyi
(kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan.
|
Tugas tidak terstruktur
Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu,
dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik ( radio, TV Internet
dll ).
G. MEDIA/ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1. Media :
Papan tulis, Laptop, LCD, slide powerpoint
2. Alat/bahan :
Gambar/tulisan kertas
3. Sumber belajar :
Buku paket, kamus.
H. PENILAIAN
1. Penilaian Performasi
2. Penilaian sikap.
a. Penilaian performasi
Indikator pembelajaran I
(Melafalkan bunyi kata frasa dan tulisan yang
diperdengankan)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Makhroj
|
1– 4
|
Makhroj sudah tepat
|
4
|
|
Makhroj cukup tepat
|
3
|
|
Makhroj kurang tepat
|
2
|
|
Makhroj tidak tepat
|
1
|
|
2
|
Pelafalan
|
1 – 4
|
Pelafalan sudah tepat
|
4
|
|
Pelafalan cukup tepat
|
3
|
|
Pelafalan kurang tepat
|
2
|
|
Pelafalan tidak tepat
|
1
|
|
3
|
Kelancaran
|
1 – 4
|
Sangat lancer
|
4
|
|
Cukup lancer
|
3
|
|
Kurang lancer
|
2
|
|
Tidak lancar
|
1
|
|
Skor maksimum
|
12
|
|
Nilai akhir = jumlah
skor perolehan x 100 = ….. x 100 =…
Jumlah skor maksimum
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
||
Mahroj
|
Pelafalan
|
Kelancaran
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
dst
|
Indikator Pembelajaran II,
III dan IV
( Menunjukkan tulisan, Memperagakan dan menunjukkan
gambar sesuai dengan bunyi kata. Frasa dan kalimat yang diperdengarkan)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Tulisan
|
1– 4
|
Tulisan sudah tepat
|
4
|
|
Tulisan cukup tepat
|
3
|
|
Tulisan kurang tepat
|
2
|
|
Tulisan tidak tepat
|
1
|
|
2
|
Peragaan
|
1 – 4
|
Peragaan sudah tepat
|
4
|
|
Peragaan cukup tepat
|
3
|
|
Peragaan kurang tepat
|
2
|
|
Peragaan tidak tepat
|
1
|
|
3
|
Ganbar
|
1 – 4
|
Gambar sudah tepat
|
4
|
|
Gambar cukup tepat
|
3
|
|
Gambar kurang tepat
|
2
|
|
Gambar tidak tepat
|
1
|
|
Skor maksimum
|
12
|
|
Nilai akhir = jumlah
skor perolehan x 100 = ….. x 100 =…
Jumlah skor maksimum 12
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
||
Tulisan
|
Peragaan
|
Gambar
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
dst
|
No
|
Nama siswa
|
Pilihan jawaban
|
Skor
|
|||
Selalu
|
sering
|
Kadang
|
Tdk pernah
|
|||
1
|
Antusias dalam belajar
|
|||||
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam
berinstraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
Jumlah
|
No
|
Keteraangan
|
Jumlah skor
|
1
|
Baik sekali / selalu
|
76 – 100
|
2
|
Baik / sering
|
51 – 75
|
3
|
Cukup/kadang-kadang
|
26 – 50
|
4
|
Kurang/tidak pernah
|
0 - 25
|
Rentang skor sikap
Penskoran : Nilai = Jumlah skor jaawaban
5
Penilaian tugas tidak terstruktur.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Membiasakan mendengarkan cerita, pidato,
lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV
internet dll)
|
1-5
|
Selalu
|
5
|
|
Sering
|
4
|
|
Kadang-kadang
|
3
|
|
Pernah
|
2
|
|
Tidak pernah
|
1
|
|
Nilai akhir = jumlah
skor perolehan x 100 = ….. x 100 =…
Jumlah skor
maksimum 5
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
mendengarkan cerita, pidato,
lagu, dialog atau berita berbahasa Arab
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
dst
|
I. REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan
untuk memperbaikinya sesuai dengan indicator pembelajaranyang belum dicapai
baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati
banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar guru wajib memberikan
pembelajaran ulang sesuai dengan indicator yang belum dicapai oleh kebanyakan
siswa (Remedial teaching), selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan
indicator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan
hari tertentu atas kesepakatan antara siswa dan guru
J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperhatikan lembar penilaian kepada orang
tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lain dapat juga menggunakan
buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan
sikap prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
Mengetahui Kuala
Tungkal…………
Kepala MTsN Kuala Tungkal Guru
bahasa Arab
H. RUSLI,S.Pd .I Dra.
SUWAIBAH
Nip 19770803 200501 003 Nip.19680828
199703 2003
0 komentar: on "RPP K 13 BAHASA ARAB"
Posting Komentar